Manfaat Empedu Ular Kobra Bagi Kesehatan

Ular kobra sebagai salah satu jenis ular yang sangat ditakuti karena bisanya yang beracun. Secara garis besar bisa ular dikategorikan menjadi dua yaitu neurotoxin dan hemotoxin. Jenis neurotoxin merupakan racun yang mampu melumpuhkan sistem pernafasan dan merusak otak. Sedangkan hemotoxin merupakan racun yang merusak sel sel hingga darah menggumpal dan bisa mengakibatkan kematian.

Manfaat empedu ular kobra

Ada sekitar 20 jenis enzim pada bisa ular dan komposisi dari tiap enzim berbeda-beda tergantung dengan jenis ularnya. Bisa pada ular mengandung enzim yang berbahaya namun bisa pulsa berguna. Salah satu enzim yang terkandung di dalam bisa ular adalah proteinase yang bisa menyebabkan jaringan kulit serta otot korban mati dengan cepat. Menurut penelitian di Australia, dalam dosis tertentu enzim ini bisa mengobati kanker. Cholin esterase adalah salah satu enzim yang cukup populer. Enzim ini biasanya menyerang sistem saraf dan membuat otot menjadi kendur. Enzim ini bisa dipakai untuk mencegah serangan jantung dan stroke.


Selain enzim yang terdapat pada bisa ular, organ tubuh ular juga dipercaya bisa menjadi obat untuk menyembuhkan suatu penyakit. Di Indonesia sendiri sampai saat ini belum ada penelitian mengenai manfaat organ ular bagi pengobatan. Maraknya pengobatan menggunakan organ ular lebih kepada pengalaman orang.

Salah satu organ ular yang biasa dijadikan obat adalah empedu ular. Empedu sendiri adalah kumpulan racun yang sudah dibekukan. Manfaat empedu ular kobra menurut sinse tersebut adalah untuk meredakan panas, membuat kulit menjadi bagus, paru-paru menjadi bagus dan membuat jantung menjadi kuat.

Selain itu, manfaat empedu ular kobra adalah bisa membuat tubuh menjadi kebal dari bisa ular kobra itu sendiri. Caranya adalah dengan memakan empedu ular kobra tersebut terlebih dahulu agar tubuh membentuk antibodi dari empedu ular tersebut. Tidak hanya empedu ular yang dipercaya sangat berkhasiat. Darah ular kobra juga dipercaya berkhasiat untung pengobatan maupun menambah stamina. Tidak sedikit warung jamu yang khusus menjual ramuan darah ular kobra dan empedu ular kobra.
Manfaat Empedu Ular Kobra Bagi Kesehatan | Unknown | 5

0 comments:

Post a Comment