Cara Mengatasi Gigi Berlubang

Gigi berlubang dialami oleh kebanyakan orang di Indonesia. Penyebab gigi berlubang salah satunya adalah kebersihan gigi yang kurang dijaga serta kegemaran memakan makanan yang manis dan lengket. Biasanya gigi berlubang dibiarkan membusuk sehingga infeksi sudah dalam dan terlambat saat ke dokter gigi.

Untuk mengatasi gigi berlubang

Gigi adalah salah satu bagian dari sistem pencernaan sehingga jika mengalami gangguan maka makanan tidak bisa dikunyah dengan baik. Makanan yang tidak dikunyah dengan baik akan membuat lambung dan usus bekerja lebih keras.

Beberapa Kiat Untuk Mengatasi Gigi Berlubang 


Kurangi makanan lengket seperti cokelat, permen dan lain sebagainya. Rajin sikat gigi merupakan hal yang harus dilakukan untuk mencegah gigi berlubang. Lakukan setiap selesai makan atau minimal 2 kali sehari pada pagi hari dan malam sebelum tidur. Apabila tidak sikat gigi maka sisa makanan selama 24 jam akan berubah menjadi asam dan asam tersebut menjadi media bagi kuman untuk berkembang.

Ketika menyikat gigi gunakanlah sikat gigi yang lurus sesuai dengan usia serta mempunyai bulu sikat yang lembut. Jangan lupa menggunakan pasta gigi ketika menyikat gigi. Sebelum menyikat gigi sebaiknya berkumur terlebih dahulu untuk membuat gusi menjadi lembab.

Teknik menyikat gigi dimulai dari gigi belakang bawah dengan gerakandari arah leher gigi menuju arah tumbuh gigi dengan gerakan naik turun. Lalu lanjutkan dengan bagian luar antara pipi dalam dan bagian dalam antara lidah dan gigi kemudian diteruskan bagian depan dengan gerakan naik turun dari leher gigi menuju bagian atas. Selesaikan dengan menyikat bagian dalam dan luar gigi menuju bagian mengunyah dengan gerakan maju mundur, lakukan hal ini pada rahang bawah dan atas.

Karena tidak semua bagian gigi bisa tersapu dengan bersih menggunakan sikat gigi maka anda bisa memakai benang gigi untuk membersihkan daerah yang sulit dijangkau sikat gigi. Bagian yang sulit dijangkau ini antara lain daerah antar gigi. Hal terpenting untuk mengatasi gigi berlubang adalah dengan membersihkan karang gigi dan melakukan pemeriksaan gigi secara rutin setiap 6 bulan.
Cara Mengatasi Gigi Berlubang | Unknown | 5

0 comments:

Post a Comment