Obat Cacing Anak - Anak Anda Cacingan? Segera Obati!

Obat Cacing Anak - Anak-anak yang aktif akan bermain dimana saja tanpa memperdulikan bersih atau tidaknya mainan yang mereka pakai. Bermain memang merupakan aktifitas yang tidak lepas dari anak-anak.

Obat Cacing Anak

Dengan bermain mereka akan semakin sehat dan cerdas karena bermain bisa merangsang tumbuh kembang tubuh dan pikiran anak-anak. Bermain memang baik bagi anak-anak namun terkadang menimbulkan masalah baru. Kebersihan yang kurang terjaga bisa membuat anak mengalami cacingan.

Segera Obati dengan Obat Cacing Anak


Cacingan menjadi masalah serius apabila tidak diobati karena bisa menghambat pertumbuhan anak-anak. Untuk itu diperlukan penanganan yang tepat agar anak-anak terbebas dari cacingan. Biasanya orang tua memberikan obat cacing anak tanpa melakukan pemeriksaan laboratorium lebih dulu. Meskipun tidak menimbulkan efek yang berbahaya namun secara akademis hal tersebut sangat tidak dianjurkan.

Saran untuk melakukan pemeriksaan laboratorium pada anak ini disampaikan oleh Prof dr Saleha Sungkar yang merupakan Ketua Departemen Parasitologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Menurut beliau sebaiknya jangan mengobati sebelum adanya diagnosa yang pasti dan tidak boleh membuat program minum obat cacing setiap enam bulan sekali tanpa pemeriksaan sebelumnya. Pemeriksaan laboratorium ini sangat sederhana yaitu dengan mengambil fesen anak dan dilihat di mikroskop. Pemeriksaan bisa dilakukan disemua laboratorium di rumah sakit.

Cacingan  adalah masalah kesehatan masyarakat di negara tropis termasuk di Indonesia. Penyakit cacingan ini bisa menghinggapi semua umur tapi paling banyak dialami oleh balita hingga umur belasan tahun. Tanpa pemeriksaan fesen di laboratorium, infeksi cacingan yang ringan sangat sulit dideteksi. Anak-anak cenderung tidak merasakan bahwa mereka mengidap cacingan.

Masih menurut Prof dr Saleha, masyarakat enggan melakukan pemeriksaan feses dikarenakan biaya periksa laboratorium yang mahal sehingga orang tua memutuskan untuk langsung memberikan obat cacing anak tanpa melakukan diagnosis. Kejadian penyakit cacing terbanyak dialami oleh anak berumur 5-14 tahun dengan prevalensi cacing cambuk 80-95 persen, cacing gelang 70-90 persen dan cacing tambang 30-59 persen. Sedangkan kerugian ekonomi yang dialami akibat cacingan mencapai sekitar Rp 177 miliar pertahun. Hal ini dikarenakan penderita cacingan kehilangan protein, karbohidrat, anemia serta produktivitas.
Obat Cacing Anak - Anak Anda Cacingan? Segera Obati! | Unknown | 5

0 comments:

Post a Comment